Berita Regional

Pemkab Sigi prioritaskan pembangunan infrastruktur ekonomi

Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, memprioritaskan pembangunan infrastruktur penunjang peningkatan ekonomi seperti jalan dan jembatan, dalam prioritas pembangunan tahun 2023.

“Iya salah satu prioritas pembangunan tahun 2023 adalah infrastruktur penunjang penggerak ekonomi seperti jalan,” ucap Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi, di Palu, Rabu, di sela – sela pelantikan dan pengambilan sumpah Anggota PPK Pemilu se-Kabupaten Sigi.

Samuel mengatakan bahwa infrastruktur jalan yang akan dibangun di tahun 2023 ini di antaranya jalan yang menghubungkan Desa Bora Kecamatan Sigi Kota dengan Desa Pandere Kecamatan Gumbasa.

“Kami telah membuka jalan ini, dan berharap ada dukungan Pemprov Sulteng untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan,” sebutnya.

Ia mengatakan bahwa ruas jalan yang menghubungkan Desa Bora dengan Pandere saat ini sedang ditender oleh Pemerintah Provinsi Sulteng untuk peningkatan jalan.

Selain jalan tersebut, kata dia, tahun 2023 juga akan dibangun jalan menuju objek wisata paralayang di Desa Wayu.¬†“Ini untuk membuka dan meningkatkan ruang – ruang akses ekonomi,” ujarnya.

Ia mengatakan dengan terbangunnya akses yang memadai menuju lokasi wisata paralayang, maka diharapkan berdampak langsung terhadap meningkatnya kunjungan wisatawan terhadap objek wisata tersebut.

“Di lokasi objek wisata tersebut, pemerintah juga akan mendorong UMKM di situ,” ujarnya.

Samuel mengatakan bahwa keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemkab Sigi, menjadi satu tantangan dalam percepatan pembangunan.

APBD Kabupaten Sigi tahun 2023 ini Rp1,2 triliun lebih yang di dalamnya untuk membiayai semua kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Tahun 2023 ini Pemkab Sigi mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) kurang lebih sekitar Rp50 miliar yang melekat pada Dinas Pekerjaan Umum.

“Dengan keterbatasan anggaran ini, kita berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat berdasarkan skala prioritas dalam penyelenggaraan pembangunan daerah,” sebutnya. (K-23)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button