Berita Regional

Proyek Monumental Gubernur Ali Mazi Jalan Wisata Kendari-Toronipa Tuntas di Akhir Tahun 2022

Karya monumental di Sulawesi Tenggara yang jadi pusat perhatian  dan jadi ikon pembanunannya selama memimpin. Dua dari tiga  karya monumental pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) sudah tuntas semua. Jalan wisata Kendari-Toronipa dan perpustakaan modern sudah dapat diakses masyarakat. Sementara mega proyek lainnya, Rumah Sakit (RS) Jantung masih tahap finishing. Progresnya diklaim sekira 99 persen.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Pemprov Sultra, Pahri Yamsul, mengungkapkan.Untuk progres pengerjaan RS Jantung sudah 99 persen saat ini. Adapun satu persen itu, tinggal tahap finishing.

Tiga karya monumental Aman itu disebut-sebut bakal diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara bersamaan. Kendati belum ada jadwal, Pemprov Sultra sudah mulai menyiapkan agenda peresmian tiga proyek strategis Aman.

“Untuk peresmian, kita menunggu sinkronisasi perkembangan saat ini antara jalan wisata Kendari-Toronipa, perpustakaan modern dan RS Jantung. Setelah itu baru bisa diresmikan. Yang jelas, perpustakaan sudah tidak ada masalah. Kalau RS jantung sudah 99 persen, tinggal finishing. Kita masih tunggu jalan wisata Kendari-Toronipa selesai,” jelas Pahri Yamsul.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sultra, Yudi Masril meluruskan informasi terkait agenda peresmian tiga mega proyek menunggu tuntasnya pengerjaan jalan wisata Kendari-Toronipa.

“Justru yang belum selesai itu RS Jantung, karena masih finishing. Finishing itu agak lama. Yang jelas untuk jalan wisata, sudah tidak ada masalah, malah sudah difungsikan dan diakses masyarakat. Jalan wisata itu tinggal menunggu peresmiannya,” ujar Yudi Masril.

Yudi mengungkapkan, proyek pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa sudah tuntas 100 persen sejak 30 November 2022, sesuai kontrak pekerjaan.

“Kita sudah serah terima sementara pekerjaan atau Provisional Hand Over (PHO). Walaupun ini masih ada masa pemeliharaan selama enam bulan. Bahkan saat ini, jalan wisata Kendari-Toronipa sudah dimanfaatkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, Johanes Robert Maturbongs mengatakan agenda rencana peresmian ketiga mega proyek Aman, harus menunggu semuanya rampung. Menurutnya, tiga mega proyek itu bakal diresmikan Presiden Joko Widodo.

“Hanya saja itu harus disesuaikan dengan kesiapan Pemprov Sultra dan agenda Presiden yang dikoordinasikan dengan protokol atau staf kepresidenan,” ujarnya dalam sebuah kesempatan. (**)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button